Blogger news

Selasa, 06 November 2012

Apple Masih Dominasi Pasar Tablet


 detail berita

CALIFORNIA - Selama kuartal ketiga 2012, pengapalan tablet di seluruh dunia mencapai 27,8 juta unit. Berdasarkan data dari perusahaan riset International Data Corporation (IDC), Apple masih memimpin dominasi pasar tablet dengan pangsa pasar 50,4 persen.

Saat ini, Apple menguasai 14 juta pengapalan tablet dari total 27,8 juta unit. Sayangnya, pangsa pasar Apple pada kuartal tiga 2012 mengalami kemerosotan, turun dari 65,5 persen pada kuartal kedua menjadi 50,4 persen.

"Setelah kuartal kedua yang sangat kuat, Apple melihat pertumbuhan yang lambat, baik dari sisi penurunan pengapalan pada konsumen dan komersial (termasuk pendidikan), serta rumor mengenai iPad mini yang memanas, kata Direktur Riset Tablet IDC Tom Mainelli, seperti dilansir Engadget, Selasa (6/11/2012).

Rival berat Apple, Samsung menduduki posisi kedua dengan total pengapalan tablet 5,1 juta unit dan berhasil meningkatkan pangsa pasar menjadi 18,4 persen. Penjualan Galaxy Tab dan Galaxy Note 10.1 mencapi pemicu utama meningkatnya pangsa pasar Samsung.

"Samsung mengambil keuntungan dari kesempatan yang ada pada kuartal kedua. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam penawaran tablet dengan ukuran layar ganda dan warna, yang tentunya selaras dengan pertumbuhan pembeli pada kuartal ini," tutur Manajer Program Mobile Device Tracker IDC, Ryan Reith.

Amazon dan Asus juga meraih keberhasilan yang solid. Kindel Fire memperkuat Amazon yang berhasil mengapalkan 2,5 juta tablet (9 persen) dan Asus dengan 2,4 juta unit (8,6 persen) yang diperkuat dengan kehadiran Nexus 7.

Lima besar pengapalan tablet ditutup oleh Lenovo yang mengalami pertumbuhan cukup kuat di China. Perusahaan itu berhasil mengapalkan 0,4 juta tablet dengan pangsa pasar 1,4 persen. Sedangkan sisanya dikuasai oleh vendor-vendor tablet lain.

Persaingan di pasar tablet, menurut IDC, akan semakin memberikan tekanan bagi Apple yang saat ini memimpin pasar. Terlebih lagi, diperkenalkannya sejumlah tablet Windows 8 dan Windows RT oleh sejumlah perusahaan.

"Konsumen kini memiliki platform tablet ketiga yang bisa menjadi pilihan. Namun, poin harga menjadi unsur yang sangat penting dalam tablet, sehingga Microsoft bersama para mitranya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menang dengan poin harga mulai dari USD500," jelas Reith. (adl)

Bersumber : okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar