Blogger news

Kamis, 11 Oktober 2012

Kolaborasi XL & Ericsson Tingkatkan Pengembangan Layanan M2M





JAKARTA – PT XL Axiata Tbk baru-baru ini mengumumkan kerjasama dengan perusahaan teknologi Ericsson. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan layanan M2M.

Arkav Juliandri, GM Cloud and Machine to Machine Technology Strategic Business & Innovation XL di Jakarta, Kamis (11/10/2012) mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk menerapkan platform M2M yang mendukung keleluasaan bagi XL untuk mengembangkan produk dan layanan M2M.

M2M atau Machine to Machine merupakan layanan yang memungkinkan perpindahan informasi, dari mesin yang satu ke mesin yang lain dengan menggunakan jaringan telekomunikasi.

Sejak didirikannya divisi M2M di awal 2012 lalu, hingga kini, XL telah memiliki 5 jenis layanan M2M dengan total lebih dari 92 ribu pelanggan, yang didominasi oleh kalangan industri.

Untuk mengembangkan layanan ini lebih lanjut, Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini dan Presiden Direktur Ericsson Indonesia, Sam Saba, menandatangani kerjasama tersebut pada Kamis ini.

"Produk M2M XL ini baru 6, saat ini kami sedang mempersiapkan produk M2M lainnya, yang disesuaikn dengan kebutuhan market dan kami develop dengan skala prioritas," ujar Arkav.

Ia mengatakan, ekosistem harus sudah siap, baik dari sisi aplikasi, kemudian didukung dengan device, termasuk data plan (kapasitas bandwidth). Terkait barrier cost, perusahaan ingin menekan harga agar tidak memberatkan bagi pelanggan.

"Harga di bawah Rp1,5 juta. Karena bila diatas itu, sangat berat. Kami ingin kolaborasi. Yang saya suka dari Ericsson, mereka men-deliver platform ini melalui cloud," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan kerjasama ini diharapkan terwujudnya efisiensi. "Insya Allah di 2013, kami break di satu juta pelanggan (M2M). Terkait jaringan, kami ingin 3G, tetapi kalau terlalu memakan bandwidth, maka ke 2G," tuturnya.

"Kami optimis ini bisa menjadi breakthrough. Di 2015, kami harapkan mencapai hingga 25 juta pelanggan (M2M)," tambahnya. Kerjasama ini, menurutnya,  tidak hanya menguntungkan dari sisi teknologi, tetapi juga ada komitmen terkait bisnis ke depan.

Agus Iljusiantono - GM Marketing Product Development XL mengungkapkan, platform ini akan menyederhanakan proses di XL, mulai dari delivery sampai post monitoring. Selain itu, platform memberi kemudahan untuk multi-industri. Sebab, masing-masing aplikasi memiliki kebutuhan yang berbeda.
(amr)

Bersumber : okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar