Blogger news

Selasa, 23 Oktober 2012

Wow Keren, Paus Bisa Tiru Suara Manusia


 detail berita
 
WASHINGTON - Peneliti dari National Marine Mammal Foundation, Sam Ridgway mengungkap analisis akustik yang menunjukkan bahwa paus Beluga bisa meniru beberapa pola suara manusia. Mamalia laut ini dapat mengulangi pola suara manusia tersebut ke dalam suara yang dikeluarkannya sendiri.

Dilansir Redorbit, Selasa (23/10/2012), temuan ini mengejutkan para ahli biologi laut. Mereka selalu menganggap paus menghasilkan suara dengan cara yang sangat berbeda dengan manusia.

"Observasi kami menunjukkan bahwa paus ini telah memodifikasi mekanika vokalnya. Kemudian, membuat suara yang menyerupai cara bicara manusia," jelas Ridgway .

Penelitian ini telah menggugah rasa ingin tahu Ridgway dan peneliti lainnya sejak 1984, di mana ketika itu para peneliti mendengar beberapa suara yang tak beraturan dan tidak biasa, yang datang dari kandang lumba-lumba serta paus.

Peneliti sempat mendengar seperti ada percakapan yang terjadi di kejauhan, yang mungkin dilakukan oleh dua orang. Namun nyatanya, suara itu kemungkinan berasal dari kolam paus tersebut. Bahkan, seorang penyelam yang ketika itu berada di salah satu kolam paus, menuturkan bahwa dirinya seperti mendengar suara yang memintanya untuk keluar dari kolam.

Inilah yang kemudian menjadi alasan kuat bagi peneliti untuk mengamati suara paus tersebut. Lalu, dilakukan penelitian dengan analisis akustik setelah merekam suara paus Beluga. Paus Beluga yang memiliki kemampuan meniru pola suara manusia ini disebut NOC.

Paus Beluga yang luar biasa ini terus membuat pola suara manusia lebih dari empat tahun, hingga hewan tersebut mencapai kematangan seksual. Menurut situs Nature, ilmuwan pada 1940 pernah mendengar suara paus Beluga yang membuat kebisingan, mereka mendeskripsikan suara tersebut mirip "anak-anak yang berteriak di kejauhan".

Ridgway dan timnya telah merekam suara tangisan NOC. Mereka mencatatkan bahwa suara hewan ini beberapa oktaf lebih rendah dibandingkan paus lainnya. Suara tersebut memiliki pitch atau nada yang serupa dengan suara manusia.

Kini, rekaman suara paus Beluga unik ini semua tersisa dalam penelitian NOC. Setelah menghabiskan 30 tahun di National Marine Mammal Foundation, NOC meninggal 5 tahun yang lalu. (fmh)

Bersumber : okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar