Blogger news

Kamis, 11 Oktober 2012

Layanan M2M, Komponen Penting Pertumbuhan Industri Selular




JAKARTA - Layanan M2M (machine to machine) akan menjadi komponen penting dalam menentukan masa depan pertumbuhan industri selular, khususnya di Indonesia. Hal inilah yang disampaikan Presiden Direktur Ericsson Indonesia, pada peresmian kolaborasi provider telekomunikasi XL - Ericsson yang baru-baru ini dikukuhkan, di Jakarta.

"Kami bangga menjadi mitra strategis XL dalam mengembangkan platform machine to machine (M2M) di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi Ericsson, bahewa di 2020, akan ada lebih dari 50 miliar piranti terkoneksi di seluruh dunia," kata Presiden Direktur Ercisson Indonesia, Sam Saba.

Ia mengatakan, ada banyak keuntungan dari konektivitas yang saling terhubung, mulai dari ponsel, mobil, lemari es, hingga mesin cuci. Oleh karena itu, M2M akan menjadi komponen penting dalam menentukan masa depan industri selular di dunia dan khususnya di Indonesia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, seiring dengan berkembangnya komunikasi mesin ke mesin ini, akan terjadi transformasi dalam kehidupan dan perkembangan sosial ekonomi Indonesia, ke arah yang lebih baik dan maju.

Pada kerjasama XL - Ericsson, Ericsson menyediakan Ericsson Device Connectivity Platform (EDCP), sebuah platform yang memungkinkan XL dan pelanggannya untuk mengatur dan mengendalikan penggunaan layanan solusi M2M. Bagi para pengusaha kecil dan menengah (UKM) maupun korporasi, ini akan mampu mengoptimalkan daya bisnis mereka.

Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini mengatakan, XL melihat potensi yang sangat besar atas kebutuhan koneksi yang berasal dari berbagai macam industri, baik mesin-mesin pabrik, kendaraan hingga perangkat rumah tangga. Beberapa sektor bisnis yang sudah merasakan pentingnya teknologi ini antara lain, keamanan, logistik, transportasi, kesehatan dan keuangan.

Produk-produk M2M dari XL sejauh ini yang telah hadir adalah AMR atau Automated Meter Reader semisal smart metering untuk PLN, POS atau Point of Sales (contohnya EDC, Wireless ATM), EMS atau Enterprise Mobile Solutions (aplikasi mobil untuk korporasi), X-Locate (untuk monitoring kendaraan, pengiriman barang) serta Mob Xurveillance (pengawasan lokasi atau area tertentu melalui kamera), dan yang paling baru ialah Personal Tracker (alat pelacak untuk mengetahui keberadaan seseorang).
(amr)

Bersumber : okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar