Blogger news

Rabu, 10 Oktober 2012

Pengguna Skype Diminta Waspada dengan Pesan "Worm"

detail berita
CALIFORNIA - GFI Labs melaporkan masalah pada aplikasi Skype. Situs web tersebut merupakan yang pertama melaporkan masalah penyebaran program jahat (malware) melalui pesan “hantu” yang dikirimkan kontak yang ada di Skype pengguna.

Dilansir dari Neowin, Rabu (10/10/2012), GFI Labs mendapatkan masalah ini beberapa pekan lalu usai mendapatkan pesan dengan link yang menuju ke URL tertentu dari akun yang terdapat di kontak Skype-nya. Laporan menyatakan, apabila pengguna mengklik link tersebut mereka akan menunduh malware ke dalam PC korban.


"File yang dikenal sebagai "skype_02102012_image.exe".  Apabila menjalankan file tersebut maka akan membuat permintaan Domain Name System (DNS) ke sejumlah Uniform Resource Locator (URL) termasuk a.pl. a,co, dan a.kz," demikian pernyataan GFI.

Sementara itu, spesialis keamanan internet, Sophos mengidentifikasi malware tersebut sebagai variasi dari worm "Dorkbot", yang telah didistribusikan melalui jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter.

News.com mendapatkan pernyataan dari Skype bahwa perusahaan menyadari terdapat aktivitas berbahaya dan tengah bekerja secara cepat untuk mengurangi dampaknya.

"Para pengguna Skype harus melakukan update ke versi terbaru serta memperbaharui program anti-virus pengguna," kata Skype.

Selain itu, Skype juga merekomendasikan para pengguna untuk tidak mengklik link URL yang terlihat aneh, bahkan jika link itu datang dari kontak yang dikenal.
(fmh)

Bersumber : okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar