Blogger news

Selasa, 13 November 2012

HTC Bayar Apple USD8 per Smartphone


detail berita

TAIPEI - HTC dan Apple telah memilih kesepakatan lisensi dan menghentikan sengketa paten antara keduanya. Menurut analis Sterne Agee, Shaw Wu, kesepakatan tersebut membuat HTC mesti mengeluarkan USD6 sampai USD8 per smartphone sebagai biaya lisensi.

Dilansir dari Wired, Selasa (13/11/2012), biaya lisensi yang mahal itu bisa membuat Apple memperoleh keuntungan sekira USD180 juta atau USD280 juta pada 2013. Hal ini berdasarkan prediksi bahwa HTC akan menjual antara 30 juta dan 35 juta smartphone tahun depan.

Wu juga mengatakan bahwa biaya USD8 tersebut lebih murah ketimbang yang sebelumnya diajukan Apple, namun lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya USD5 yang mesti dibayarkan HTC ke Microsoft untuk tiap smartphone Android. Biaya lisensi ini dibayarkan ke Microsoft oleh hampir setengah dari seluruh perangkat Android yang dijual secara global.

Profesor di Notre Dame Law School, Mark P. McKenna berpendapat, "Biaya lisensi tersebut berada di batas wajar, karena mempertimbangkan kemungkinan HTC kehilangan lebih banyak dengan pelarangan penjualan produknya di Amerika Serikat."

"Saya pikir HTC persetujuan HTC untuk membayar berarti bahwa mereka akan lebih kesulitan untuk mendesain paten tersebut ketimbang hanya membayar biaya lisensi," imbuhnya. (yhw)

Bersumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar