Blogger news

Jumat, 16 November 2012

Robot Penjepit Ini Diciptakan untuk Dihantam


detail berita

BOSTON - Seperangkat robot yang diciptakan dengan kemampuan menjepit bola baseball, digunakan sebagai penopang agar bola tersebut dapat dipukul oleh penggunanya. Dinamakan iRobot, robot ini merupakan bagian dari program DARPA Autonomous Robotic Manipulation (ARM).

Dilansir Spectrum.ieee, Jumat (16/11/2012), apa yang membuat robot "tangan" ini berbeda dari desain lainnya ialah, robot ini memiliki penjepit yang lunak, namun tetap kuat ketika dihajar menggunakan tongkat baseball. Bila robot tradisional atau robot desain lainnya terlihat kaku, sehingga Anda perlu mengontrol posisi mereka dengan presisi yang benar.

iRobot ini tampil lebih pintar, yakni memiliki sensor ketika bola diletakkan padanya, maka otomatis dia akan menjepit atau mencengkeram bola tersebut. Anda yang ingin melihat videonya, bisa mengakseslink ini.

"Tangan (robot) kami benar-benar menggunakan kontak dengan lingkungan. Sehingga, kami tidak bergantung pada sensor mahal untuk memposisikan tangan," terang Chris Jones, Direktur Research Advancement.

Ia menjelaskan, karena iRobot ini lembut dan compliant (sesuai dengan ukuran bola), tangan si pengguna bisa menghantam bola dengan keras tanpa harus khawatir robot ini akan rusak. Jones mengatakan, jari-jari pada robot ini terbuat dari bahan polimer yang menyerupai karet.

iRobot tidak hanya dapat mencengkeram objek yang kecil seperti kunci, namun juga cukup kuat untuk mengangkat beban seberat 22,7 kilogram (50 pounds). (fmh)


Bersumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar